ANIMASI TRADISIONAL
Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang paling
umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional juga dikenali sebagai animasi
cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan iaitu setiap proses melibatkan
tangan.Animasi tradisional merupakan proses yang digunakan untuk
filem-filem animasi yang paling lama iaitu pada abad ke-20. Bingkai individu
filem animasi tradisional adalah gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis
di atas kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza
sedikit daripada yang sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau
salinan ke helaian telus yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat
dengan warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan
lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke
filem- filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Proses animasi cel tradisional menjadi usang pada awal
abad ke-21. Hari ini, lukisan animasi dan latar belakang sama ada diimbas
ke dalam atau dikeluarkan terus ke dalam sistem komputer. Pelbagai program
perisian yang digunakan untuk warna lukisan dan simulasi pergerakan kamera dan
kesan. Sekeping akhir animasi keluaran kepada salah satu daripada beberapa
media penyampaian, termasuk filem mm tradisional 35 dan media seperti video
digital yang baru. "Melihat" animasi cel tradisional masih dikekalkan,
dan kerja-kerja animator watak 'kekal pada dasarnya sama sejak 70 tahun yang
lalu. Sesetengah pengeluar animasi telah menggunakan istilah
"tradigital" untuk menggambarkan animasi cel yang menggunakan
teknologi komputer yang banyak.
Contoh
Animasi :
Pinocchio, 1940
Pinocchio, karya kedua Disney setelah Snow White, diangkat dari novel karya Carlo Collodi tahun 1883.
Pinocchio, karya kedua Disney setelah Snow White, diangkat dari novel karya Carlo Collodi tahun 1883.
Pinocchio |
Disebut
dengan animasi tradisional karena animasi ini memiliki teknik yang digunakan
saat pertama kali film animasi itu bermunculan.Untuk menciptakan ilusi gerakan,
setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya.Caranya dengan
menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels.
Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading
yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu per
satu dalam film yang latar belakangnya sudah di cat.
Bahan dasar dari animasi tradisional adalah gambar-gambar yang dilukis di atas kertas. Untuk membuat ilusi pergerakan, setiap lukisan dibuat sedikit berbeda dari gambar sebelumnya.
Bahan dasar dari animasi tradisional adalah gambar-gambar yang dilukis di atas kertas. Untuk membuat ilusi pergerakan, setiap lukisan dibuat sedikit berbeda dari gambar sebelumnya.
Contoh film
animasi tradisional antara lain : Animal
Farm, Akira.
Animal Farm |
Akira |
Sedangkan
film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer
antara lain : The Lion King, Beauty and The Beast, Snow White & Seven
Dwarf, Cinderella, Aladdin, Bambi, The Flinstone, Tom & Jerry, Sen to
Chihiro no Kamikakushi/Spirited Away, Les Triplettes de Belleville.
Beauty and The Beast |
Tom and Jerry |
Tipe-tipe Animasi Tradisional
1.
Animasi Cel
Chris Patmore menulis pada tahun
2003: “when we think of animation, we think of cel animation, that is
cartoons”. Kebanyakan masyarakat di dunia melihat animasi atau film kartun yang
berbeda. Mulai dari kartun Disney lama ‘Bugs Bunny’ dan ‘Mickey Mouse’ ke lebih
modern kartun ‘The Simpson’. Semua film ini mempunyai kesamaan yaitu
menggunakan animasi cel. Animasi tradisional (juga disebut animasi cel atau
animasi menggunakan gambar tangan) adalah proses yang digunakan untuk film
animasi sebagian besar dari abad ke-20. Kumpula Frame foto-foto gambar, yang
pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing gambar
sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini difotokopi pada lembaran
transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai dengan cat warna. Ini adalah
teknik yang digunakan Walt Disney dan Hanna-Barbera, namun karena kemajuan
teknologi, banyak teknik animasi cel yang dilakukan saat ini tidak benar-benar
menggunakan cel.Animator sekarang menggambar di kertas lalu di pindai ke dalam
computersehingga dapat diwarnai dan di simpan sebagai file.
2.
Stop-Motion
Chris Patmore menulis pada tahun
2003:“When you think about it, all animation is stop-action. It is the
capturing of individual moments that are joined together to give the impression
of movement, whether through models or drawings.”
Kalimat di atas menunjukkan stop-motion dapat
diterapkan untuk model atau gambar. Sekarang ini masyarakat beranggapan
stop-motion berhubungan dengan penggunaan model atau boneka untuk membuat
animasi. Salah satu animasi yang sukses dengan teknik ini adalah Wallace dan
Gromit yang di produksi oleh Aardman. Bentuk stop-motion yang dibuat disebut
Claymation yang penciptaan karakternya menggunakan tanah liat.
Yang membedakan 2 jenis animasi di
atas yaitu pengeditannya. animasi sel yang diedit adalah selnya, sedangkan
animasi stopmotion yang diedit adalah framenya.
3.
Limited Animation
Menurut Stabil dan Horrison
(Butler,1994) : “called limited animation which minimized and repeated motion
to decrease the number of drawings required and there for reduce cost”.Terbatas
animasi menciptakan sebuah gambar dengan seni abstrak, simbolisme, dan gambar
yang lebih sedikit untuk menciptakan efek yang sama, dengan biaya yang jauh
lebih rendah. Gaya animasi tergantung pada kemampuan animator dalam meniru atau
merubah tanpa gambar tambahan.
Hal ini mendorong animator untuk
menikmati gaya artistik yang tidak terikat pada batas-batas dunia nyata
Hasilnya adalah gaya artistik yang tidak bisa dikembangkan jika animasi itu
hanya dikhususkan untuk memproduksi simulasi realitas Secara keseluruhan,
penggunaan animasi yang terbatas tidak selalu berarti berkualitas rendah karena
memungkinkan penggunaan teknik timesaving yang dapat meningkatkan kualitas dan
aliran keyframes dari animasi keseluruhan.
Jenis-jenis Animasi Tradisional
a.
Zoetrope
(180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang
menciptakan citra gambar bergerak. Awal [rujukan?] Zoetrope dasar diciptakan di
China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif (丁 缓). Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan
tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian
atas dari yang tergantung gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak
jika perangkat berputar pada kecepatan yang tepat.
Para zoetrope modern diproduksi pada
tahun 1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah
silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari
silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai
silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi
gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan
konsep awal animasi.
b. Lentera
ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari
proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana.
Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada
permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari
Cina pada abad ke-16. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang
bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.
c.
Thaumatrope
(1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana
yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau
kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas
tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string adalah
memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu
gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus
merasakan gambar. Penemuan adalah dikreditkan beragam [rujukan?] Charles
Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris diketahui telah
digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke Royal College of
Physicians.
d. Phenakistoscope
(1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh
Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal,
pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan
dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer Austria.
e.
Sandal buku
(1868)
Buku Flip pertama dipatenkan pada
1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa
kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip
menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan
tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah
buku sandal dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.
f.
Praxinoscope
(1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh
ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari
zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar
ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui
celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian
dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar
lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang
lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang
disebut Optique Théâtre.
Cel animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam
satu set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan
yang sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan
tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas.
Lembar jelas adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk
menggambar frame. Sekarang menggambar garis besar untuk foto-foto dan
pewarnaan mereka pada kembali dari cel tersebut. Cel merupakan metode
yang efektif yang membantu untuk menghemat banyak waktu dengan
menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga memungkinkan untuk
menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang lain atau celssetiap
saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar gambar yang
identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi sebelumnya yang
dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu
gambar, karena mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan
shading dan pencahayaan dan dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama.
Kemudian gunakan kamera digital Anda untuk memotret gambar-gambar ini.
Sekarang, animasi cel dibuat ekstra menarik melalui penggunaan
gambar-gambar bersama dengan musik, efek suara dan pencocokan
asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini kartun,
10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk
menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.
Untuk membuat animasi tradisional, dibutuhkan beberapa tahapan seperti berikut :
a) Menyiapkan ide/storyboard (script)
Script/ide disiapkan berupa gambar
yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke director animasi.
b) Voice Recording
Mempersiapkan segala musik,
soundtrack, sound efek,dan suara karakter animasi yang dibuat.
c) Animatics (story reel)
Biasanya dibuat setelah soundtrack
selesai dibuat, sebelum seluruh animasi selesai dikerjakan. Berisi
gambar-gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-adegan gambar.
d) Design and Timing
Setelah
animatics selesai disetujui,
maka animatics akan dikerjakan di
bagian design department. Biasanya
melibatkan character designers,
background stylist, art director, color stylist, dan timing
director.
e) Layout
Layout
meliputi: sudut penataan
kamera, lighting, dan shading.
f) Animation
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak
kertas. Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaianwaktu, dan
penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.
g) Background
Background
digambar dengan menggunakan
water color, oil paint, dan
crayon.
h) Traditional ink-and-paint and camera
Setelah
semua selesai digambar
maka akan dilakukan transfer gambar
diatas bahan yang
disebut cel dan akan difoto dan diputar di kamera seperti
dibawah ini:
i) Digital ink
and paint
Pada jaman sekarang digunakan scanner dan komputer.
Gambar ini menunjukkan bagaimana dua cels transparan, masing-masing
dengan karakter yang berbeda digambar pada mereka, dan latar belakang buram yang
difoto bersama untuk membentuk citra komposit.
Perbandingan antara Thaumatrope dan Zoetrope
Paul Roget (Perancis, 1828) penemu
Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara
kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisi-sisinya. Satu sisi
bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan
berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh
mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi
gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak untuk
terus-menerus melihat gambar.
Zoetrope
Pierre Desvignes (Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas
bergambar yang dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar
tersebut melalui cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung
berputar sehingga satu serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar
yang bergerak berkelanjutan.
Tidak ada perbedaan dalam hal penciptaan animasi dalam Thaumatrope ataupun Zoetrope. Kedua alat ini memanfaatkan cara kerja PO mata manusia. Yang membedakan thaumatrope dan zoetrope adalah :
- Thaumatrope tidak bisa
menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan
2 buah gambar yang berbeda
- Zoetrope membuat gambar bisa
bergerak berdasar gambar yang ditempelkan dalam tabung tersebut
Refrensi :
http://dasaranimasib.blogspot.com/2013/03/animasi-tradisional.html
http://tentanganimasidasar.blogspot.com/2013/06/animasi-tradisional.html
menarik ka, tp kalau contoh film animasi 3 dimensi seperti apa ka?
ReplyDeletehttp://cbs-bogor.net/
www.kaffah.biz/
menarik ka
ReplyDeletehttp://cbs-bogor.net/
Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
ReplyDeleteSitus Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ website : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9
http://pelangihotnew.blogspot.com/2017/11/wow-gambar-foto-payudara-ariel-tatum.html
ReplyDeletehttp://ceritamasukan.blogspot.com/2017/11/wanita-ini-mempunyai-3-payudara.html
http://ceritamenggesankan.blogspot.com/2017/11/tubuh-putri-kandung-dinikmati-ayah.html