Sunday, June 15, 2014

TUGAS 4 [ ARTIKEL ANIMASI TRADISIONAL]

ANIMASI TRADISIONAL


Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional juga dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi tradisional merupakan  proses yang digunakan untuk filem-filem animasi yang paling lama iaitu pada abad ke-20. Bingkai individu filem animasi tradisional adalah gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis di atas kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza sedikit daripada yang sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau salinan ke helaian  telus yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat dengan warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke filem- filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Proses animasi cel tradisional menjadi usang pada awal abad ke-21. Hari ini, lukisan animasi dan latar belakang sama ada diimbas ke dalam atau dikeluarkan terus ke dalam sistem komputer. Pelbagai program perisian yang digunakan untuk warna lukisan dan simulasi pergerakan kamera dan kesan. Sekeping akhir animasi keluaran kepada salah satu daripada beberapa media penyampaian, termasuk filem mm tradisional 35 dan media seperti video digital yang baru. "Melihat" animasi cel tradisional masih dikekalkan, dan kerja-kerja animator watak 'kekal pada dasarnya sama sejak 70 tahun yang lalu. Sesetengah pengeluar animasi telah menggunakan istilah "tradigital" untuk menggambarkan animasi cel yang menggunakan teknologi komputer yang banyak. 
   
 
Contoh Animasi :

Pinocchio, 1940

Pinocchio, karya kedua Disney setelah Snow White, diangkat dari novel karya Carlo Collodi tahun 1883.
Pinocchio

Disebut dengan animasi tradisional karena animasi ini memiliki teknik yang digunakan saat pertama kali film animasi itu bermunculan.Untuk menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya.Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu per satu dalam film yang latar belakangnya sudah di cat.

Bahan dasar dari animasi tradisional adalah gambar-gambar yang dilukis di atas kertas. Untuk membuat ilusi pergerakan, setiap lukisan dibuat sedikit berbeda dari gambar sebelumnya.
Contoh film animasi tradisional antara lain :  Animal Farm, Akira. 
Animal Farm


Akira

Sedangkan film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer antara lain : The Lion King, Beauty and The Beast, Snow White & Seven Dwarf, Cinderella, Aladdin, Bambi, The Flinstone, Tom & Jerry, Sen to Chihiro no Kamikakushi/Spirited Away, Les Triplettes de Belleville.
Beauty and The Beast
Tom and Jerry


Tipe-tipe Animasi Tradisional  

1.        Animasi Cel
Chris Patmore menulis pada tahun 2003: “when we think of animation, we think of cel animation, that is cartoons”. Kebanyakan masyarakat di dunia melihat animasi atau film kartun yang berbeda. Mulai dari kartun Disney lama ‘Bugs Bunny’ dan ‘Mickey Mouse’ ke lebih modern kartun ‘The Simpson’. Semua film ini mempunyai kesamaan yaitu menggunakan animasi cel. Animasi tradisional (juga disebut animasi cel atau animasi menggunakan gambar tangan) adalah proses yang digunakan untuk film animasi sebagian besar dari abad ke-20. Kumpula Frame foto-foto gambar, yang pertama digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar ini difotokopi pada lembaran transparan yang disebut asetat cel, yang diwarnai dengan cat warna. Ini adalah teknik yang digunakan Walt Disney dan Hanna-Barbera, namun karena kemajuan teknologi, banyak teknik animasi cel yang dilakukan saat ini tidak benar-benar menggunakan cel.Animator sekarang menggambar di kertas lalu di pindai ke dalam computersehingga dapat diwarnai dan di simpan sebagai file.

2.        Stop-Motion
Chris Patmore menulis pada tahun 2003:“When you think about it, all animation is stop-action. It is the capturing of individual moments that are joined together to give the impression of movement, whether through models or drawings.”
 Kalimat di atas menunjukkan stop-motion dapat diterapkan untuk model atau gambar. Sekarang ini masyarakat beranggapan stop-motion berhubungan dengan penggunaan model atau boneka untuk membuat animasi. Salah satu animasi yang sukses dengan teknik ini adalah Wallace dan Gromit yang di produksi oleh Aardman. Bentuk stop-motion yang dibuat disebut Claymation yang penciptaan karakternya menggunakan tanah liat.

Yang membedakan 2 jenis animasi di atas yaitu pengeditannya. animasi sel yang diedit adalah selnya, sedangkan animasi stopmotion yang diedit adalah framenya.

3.        Limited Animation
Menurut Stabil dan Horrison (Butler,1994) : “called limited animation which minimized and repeated motion to decrease the number of drawings required and there for reduce cost”.Terbatas animasi menciptakan sebuah gambar dengan seni abstrak, simbolisme, dan gambar yang lebih sedikit untuk menciptakan efek yang sama, dengan biaya yang jauh lebih rendah. Gaya animasi tergantung pada kemampuan animator dalam meniru atau merubah tanpa gambar tambahan.
Hal ini mendorong animator untuk menikmati gaya artistik yang tidak terikat pada batas-batas dunia nyata Hasilnya adalah gaya artistik yang tidak bisa dikembangkan jika animasi itu hanya dikhususkan untuk memproduksi simulasi realitas Secara keseluruhan, penggunaan animasi yang terbatas tidak selalu berarti berkualitas rendah karena memungkinkan penggunaan teknik timesaving yang dapat meningkatkan kualitas dan aliran keyframes dari animasi keseluruhan.


Jenis-jenis Animasi Tradisional

    a.       Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak. Awal [rujukan?] Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif ( ). Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada kecepatan yang tepat.
Para zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.


   b.      Lentera ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.

   c.       Thaumatrope (1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string adalah memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus merasakan gambar. Penemuan adalah dikreditkan beragam [rujukan?] Charles Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris diketahui telah digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke Royal College of Physicians.

   d.      Phenakistoscope (1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer Austria.

   e.       Sandal buku (1868)
Buku Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah buku sandal dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.

   f.       Praxinoscope (1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.


Cara Kerja Animasi Tradisional 

        Cel animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas. Lembar jelas adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame. Sekarang menggambar garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari cel tersebut. Cel merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang lain atau celssetiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
      Mewarnai latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar, karena mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan shading dan pencahayaan dan dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama. Kemudian gunakan kamera digital Anda untuk memotret gambar-gambar ini. Sekarang, animasi cel dibuat ekstra menarik melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik, efek suara dan pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.

Untuk membuat animasi tradisional, dibutuhkan beberapa tahapan seperti berikut :
 a)     Menyiapkan ide/storyboard (script)
Script/ide disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke director animasi.
                b)     Voice Recording
Mempersiapkan segala musik, soundtrack, sound efek,dan suara karakter animasi yang dibuat. 


c)    Animatics (story reel)
Biasanya dibuat setelah soundtrack selesai dibuat, sebelum seluruh animasi selesai dikerjakan. Berisi gambar-gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan-adegan gambar.
d)    Design and Timing
Setelah  animatics  selesai  disetujui,  maka  animatics akan dikerjakan di bagian design department. Biasanya  melibatkan  character  designers,  background stylist, art director, color stylist, dan timing director. 

e)    Layout
Layout  meliputi:  sudut  penataan  kamera,  lighting,  dan shading.
f)     Animation
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaianwaktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.
g)    Background
Background  digambar  dengan  menggunakan  water  color, oil paint, dan crayon. 

h)    Traditional ink-and-paint and camera
Setelah  semua  selesai  digambar  maka  akan  dilakukan transfer  gambar  diatas  bahan  yang  disebut  cel dan  akan difoto dan diputar di kamera seperti dibawah ini: 

i)     Digital ink and paint
Pada jaman sekarang digunakan scanner dan komputer.

Gambar ini menunjukkan bagaimana dua cels transparan, masing-masing dengan karakter yang berbeda digambar pada mereka, dan latar belakang buram yang difoto bersama untuk membentuk citra komposit.
 
Perbandingan antara  Thaumatrope dan  Zoetrope



  Thaumatrope
        Paul Roget (Perancis, 1828) penemu Thaumatrope, yaitu sebuah kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisi-sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar. 


Zoetrope

Pierre Desvignes (Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar yang dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut melalui cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar sehingga satu serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang bergerak berkelanjutan.



  
Tidak ada perbedaan dalam hal penciptaan animasi dalam Thaumatrope ataupun Zoetrope. Kedua alat ini memanfaatkan cara kerja PO mata manusia. Yang membedakan thaumatrope dan zoetrope adalah :
- Thaumatrope tidak bisa menggerakkan gambar secara bertahap, melainkan hanya bisa menumpuk /menyatukan 2 buah gambar yang berbeda
- Zoetrope membuat gambar bisa bergerak berdasar gambar yang ditempelkan dalam tabung tersebut



Refrensi :
http://dasaranimasib.blogspot.com/2013/03/animasi-tradisional.html
http://tentanganimasidasar.blogspot.com/2013/06/animasi-tradisional.html




4 comments:

  1. menarik ka, tp kalau contoh film animasi 3 dimensi seperti apa ka?

    http://cbs-bogor.net/
    www.kaffah.biz/

    ReplyDelete
  2. menarik ka

    http://cbs-bogor.net/

    ReplyDelete
  3. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    ReplyDelete
  4. http://pelangihotnew.blogspot.com/2017/11/wow-gambar-foto-payudara-ariel-tatum.html
    http://ceritamasukan.blogspot.com/2017/11/wanita-ini-mempunyai-3-payudara.html
    http://ceritamenggesankan.blogspot.com/2017/11/tubuh-putri-kandung-dinikmati-ayah.html

    ReplyDelete